LAPORAN MAGANG KERJA INDUSTRI DI CV. CIHANJUANG INTI TEKNIK CIMAHI JAWA BARAT

PEMBUATAN DAN PERAKITAN GUIDE VANES TURBIN TURBO PROPELLER Ø 600 mm (300 KW)
DI CV. CIHANJUANG INTI TEKNIK
JAWA BARAT


LAPORAN  MAGANG KERJA INDUSTRI (MKI)






Oleh
SATIMAN ALFIAGO SINAGA
NIM. B4 211 0992





PROGRAM STUDI TEKNIK ENERGI TERBARUKAN
JURUSAN TEKNIK
POLITEKNIK NEGERI JEMBER
2015


       KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
POLITEKNIK NEGERI JEMBER
 


LEMBAR PENGESAHAN

PEMBUATAN DAN PERAKITAN GUIDE VANES TURBIN TURBO PROPELLER Ø 600 mm (300 KW)
DI CV. CIHANJUANG INTI TEKNIK
JAWA BARAT
SATIMAN ALFIAGO SINAGA
NIM. B4 211 0992

Telah Melaksanakan Magang Kerja Industri dan Dinyatakan Lulus

Tim Penilai

Koordinator MKI Program Studi,





Ir. Michael Joko Wibowo,  M.T.
NIP. 19630202 198903 1 001

Dosen Pembimbing Utama,





Ir. Michael Joko Wibowo,  M.T.
NIP. 19630202 198903 1 001



Mengetahui,
Ketua Jurusan Teknik





Dr. Bayu Rudiyanto, S.T., M.Si.
NIP. 19731221 200212 1 001



Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama   : Satiman Alfiago Sinaga
Nim     : B4 211 0992

Menyatakan dengan sebenar-benarnya bahwa segala pernyataan dalam Laporan Magang Kerja Industri (MKI) saya yang berjudul Pembuatan dan Perakitan Guide Vanes Turbin Turbo Propeller Ø600 mm (300 KW) di CV. Cihanjuang Inti Teknik, merupakan gagasan dan hasil karya saya sendiri dengan arahan komisi pembimbing, dan belum pernah diajukan dalam bentuk apapun pada perguruan tinggi manapun.

Semua data dan informasi yang digunakan telah dinyatakan secara jelas dan dapat diperiksa kebenarannya. Sumber informasi yang berasal atau dikutip dari karya yang diterbitkan dari penulis lain telah disebutkan dalam naskah dan dicantumkan dalam Daftar Pustaka di bagian akhir Laporan Magang Kerja Industri ini.

           
                                                                        Jember, 23 Juli 2015



                                                                        Satiman Alfiago Sinaga
                                                                        NIM. B4 211 0992



Pembuatan dan Perakitan Guide Vanes Turbin Turbo Propeller Ø600 mm (300 KW) Di CV. Cihanjuang Inti Teknik

Satiman Alfiago Sinaga
alficynt@gmail.com
Program Studi Teknik Energi Terbarukan
Jurusan Teknik

ABSTRAK

Kepemilikan CV. Cihanjuang Inti Teknik adalah Privat Company yang berbentuk CV dan sebagai pemiliknya adalah Bapak Eddy Permadi. Nama perusahaan : CV.CIHANJUANG INTI TEKNIK  disingkat “CIT” atau “CINTEK” dengan Merk dagang “Hanjuang”. Akta Pendirian : Tahun 1998 adalah permulaan dirintisnya usaha industri mesin produksi, pupuk dan pengecoran logam. CV.Cihanjuang Inti Teknik bergerak dalam bidang produksi turbin mikrohidro dan makanan dan minuman tradisional. Turbin turbo propeller merupakan turbin pembangkit listrik tenaga mikrohidro  produk Cihanjuang Inti Teknik jenis propeller yang mirip dengan baling-baling perahu dengan aliran turbular. Turbin Turbo propeller dikembangkan untuk head 6 meter sampai dengan 20 meter.salah satu komponen turbin turbo propeller adalah guide vanes, Proses permesinan pengerjaan guide vanes turbin turbo propeller Ø600 mm membutuhkan waktu selama 3 bulan untuk 3 buah turbin dan masing-masing guide vanes terdiri dari 16 blade sesuai dengan perhitungan dan perancangan. Pembuatan guide vanes turbin turbo propeller Ø600 mm melalui proses permesinan yang meliputi, proses pembubutan, proses frais, proses las, proses gerinda, dan proses finishing.


Kata Kunci : Turbin Turbo propeller Ø600 mm, guide vanes, pembuatan PLTMH.


RINGKASAN
Turbin turbo propeller merupakan turbin pembangkit listrik tenaga mikrohidro  produk Cihanjuang Inti Teknik jenis propeller yang mirip dengan baling-baling perahu dengan aliran turbular. Turbin Turbo propeller dikembangkan untuk head 6 meter sampai dengan 20 meter, daya yang dihasilkan lebih tinggi dibandingkan dengan turbin crossflow. Turbin turbo propeller mempunyai komponen-komponen utama seperti sudu turbin (runner), sudu pengarah (guide vane), poros (shaft), dan generator.
Runner atau sudu turbin Turbo propeller merupakan sudu turbin yang menjadi sumber penggerak poros dan menggerakan generator untuk menghasilkan listrik. Diameter runner yang dirancang adalah Ø 600 mm menggunakan bahan besi putih agar tidak terjadi korosi. Shaft atau poros merupakan suatu komponen turbin turbo propeller yang berfungsi untuk mentransmisikan putaran yang dihasilkan oleh propeller. Guide vanes atau sudu pengarah merupakan komponen sistem Turbin propeller yang berfungsi sebagai pengarah utama aliran air yang telah melewati spiral case sehingga sudut kecepatan yang dibutuhkan dalam perencanaan sudu jalan dapat dipenuhi. Selain itu sudu pengarah juga mempunyai fungsi tambahan sebagai gerbang yang mengatur debit air yang akan masuk ke Runner.
Proses permesinan pengerjaan guide vanes turbin turbo propeller Ø600 mm membutuhkan waktu selama 3 bulan untuk 3 buah turbin dan masing-masing guide vanes terdiri dari 16 blade sesuai dengan perhitungan dan perancangan. Pembuatan guide vanes turbin turbo propeller Ø600 mm melalui proses permesinan yang meliputi, proses pembubutan, proses frais, proses las, proses gerinda, dan proses finishing. Berdasarkan hasil perhitungan teoritis perancangan turbin turbo propeller didapatkan daya turbin (P) 306,8 KW; efisiensi turbin (η) 79,98%; diameter (D) propeller 600 mm; kecepatan spesifik (Ns) 600; putaran poros (N) 1195 rpm; diameter guide vanes (Degv) 430 mm; kecepatan air pada guide vanes (Vfgv) 4,84 m/s; debit air pada guide vanes (Q) 1,96 m3/s; tinggi guide vanes (B) 300 mm.


BAB 1. PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
Wilayah Indonesia yang secara umum memiliki sumber aliran air dan di beberapa wilayah didukung dengan kondisi geografis bergunung-gunung yang dapat menyebabkan aliran ini memiliki beda ketinggian, memberikan peluang bagi pemanfaatan pembangkit energi air. Potensi pembangkit energi air di Indonesia cukup besar, untuk PLTA potensinya mencapai 75.000 MW dan baru dimanfaatkan 5.700 MW sedangkan untuk pembangkit mini dan mikrohidro potensinya mencapai 460 MW dengan pemanfaatannya baru mencapai 228 MW. (KESDM,2010).
Berdasarkan potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, energi alternatif yang dapat diperoleh saat ini dengan menggunakan teknologi pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH). Pada prinsipnya, teknologi PLTMH cukup sederhana. Sebagian besar komponen yang digunakan sudah familier di masyarakat, sehingga memungkinkan masyarakat dapat mempelajari, membuat, mengelola sendiri, hingga menikmati manfaatnya.
Pemasangan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) khususnya di daerah terpencil masih perlu dikembangkan melihat daerah di Indonesia yang banyak sekali terjunan aliran air yang belum dimanfaatkan secara optimal, dan masih banyak pula daerah terpencil di Indonesia yang belum terjangkau oleh aliran listrik PLN.
CV. Cihanjuang Inti Teknik adalah salah satu contoh perusahaan yang bergerak dalam bidang perngerjaan logam untuk komponen PLTMH. Produk yang dihasilkan Cihanjuang Inti Teknik Sebagian besar berupa mesin-mesin dan spare part Mikrohidro. Bidang produksi yang dilakukan Cihanjuang Inti Teknik bersifat produksi seri yang berdasarkan pesanan. Akibat dari sifat produksi seri kualitas hasil produksi menjadi perhatian khusus guna mendapatkan kepercayaan dan kepuasan konsumen.
Salah satu produk yang dihasilkan CV. Cihanjuang Inti Teknik adalah turbin air jenis Turbo Propeler Ø600 mm kapasitas daya 300 KW. Jenis turbin tersebut memiliki komponen utama yaitu propeller, shaft, guide vanes, casis, rumah siput, dan generator.

1.2         Tujuan dan Manfaat
1.2.1   Tujuan Umum MKI
Adapun tujuan dari MKI secara umum yang dilakukan adalah sebagai berikut :
a.       Meningkatkan wawasan dan pengetahuan serta pemahaman mahasiswa mengenal kegiatan perusahaan yang layak dijadikan sebagai tempak MKI.
b.      Meningkatkan keterampilan pada bidang keahliannya masing-masing agar mahasiswa mendapat cukup bekal untuk bekerja setelah lulus Sarjana Sains Terapan (S.ST).
c.       Melatih mahasiswa agar lebih kritis terhadap perbedaan atau kesenjangan yang dijumpai di lapangan dengan yang diperoleh di bangku perkuliahan, dengan demikian diharapkan mahasiswa mampu untuk mengembangkan keterampilan tertentu yang tidak diperoleh di kampus.
1.2.2   Tujuan Khusus MKI
a.       Mengetahui proses permesinan yang dilakukan di Perusahaan dalam pembuatan guide vanes turbin turbo propeller.
b.      Memahami fungsi dan prinsip kerja guide vanes turbin turbo propeller.
c.       Mengetahui proses perancangan dan perhitungan awal dalam pembuatan guide vanes turbo propeller.
d.      Memahami faktor yang mempengaruhi dalam pembuatan guide vanes turbin turbo propeller.
1.2.3   Manfaat MKI
a.       Manfaat bagi mahasiswa sendiri yaitu dapat menerapkan dan mengaplikasikan ilmu yang didapat selama melaksanakan magang di perusahaan.
b.      Manfaat bagi perusahaan sendiri adalah dapat saling berbagi informasi antara teori yang didapat mahasiswa di bangku perkuliahan dengan apa yang ada dilapangan, serta dapat mempertimbangkan saran-saran dari mahasiswa yang bersifat inovasi.
c.       Manfaat bagi kampus yaitu dapat menjalin hubungan komunikasi dengan pihak perusahaan atau instansi yang dapat dijadikan tempat belajar mahasiswa untuk selanjutnya secara berkala.

1.3         Lokasi dan Waktu Pelaksanaan MKI
1.3.1   Lokasi
Lokasi tempat magang/kerja industri dilaksanakan di CV.Cihanjuang Inti Teknik yang bergerak dalam bidang Teknik,  makanan dan minuman. Alamat : Jl. Cihanjuang No. 204. Cimahi Utara 40513. Jawa Barat.
1.3.2   Waktu Pelaksanaan
Waktu pelaksanaan Magang/Kerja Industri selama 3 bulan dimulai pada 17 Februari s/d 17 Mei 2015. Jadwal kerja perusahaan CV.Cihanjuang Inti Teknik dimulai hari Senin s/d Jum’at.


1.4         Metode Pelaksanaan
Metode pelaksanaan Magang/Kerja Industri yang dilakukan disebuah instansi/perusahaan dapat dilihat pada diagram blok sebagai berikut :


 


BAB 2. KEADAAN UMUM PERUSAHAAN

2.1         Sejarah Perusahaan
Belajar dari negara maju yang mengutamakan pembangkit energi sebagai sumber utama terbarukan untuk meningkatkan ekonomi dan kemandirian. Eddy Permadi dan Cihanjuang Inti Teknik selama bertahun-tahun mengembangkan berbagai alternatif teknologi pembangkit listrik skala kecil. Sebagai lulusan Politeknik Mekanik Swiss (POLMAN) tahun 1980 dan pernah mengenyam pendidikan di Jerman yang menjadi wirausaha ingin turut menciptakan wirausaha-wirausaha di pelosok pedesaan dengan memanfaatkan potensi air yang ada dengan mengolah hasil bumi setempat.
Teknologi dikembangkan untuk membuat hidup kita lebih baik, lebih efisien dan lebih mudah. Tetapi sering ditemukan teknologi yang dikembangkan menjadi lebih mahal dan sulit bagi pemakainya. Cihanjuang Inti Teknik telah mengembangkan turbin skala kecil dengan tujuan menjadi semakin terjangkau, menjadi lebih mudah digunakan, produktif, dan banyak manfaatnya. Tentunya tidak mudah mencapai hal itu, tetapi dengan semangat bisnis untuk memberdayakan banyak kendala berhasil dilewati. Manfaatnya saat ini mulai dirasakan oleh banyak pihak.
Indonesia diberikan anugerah alam yang luar biasa oleh Tuhan Yang Maha Kuasa tetapi sering potensi tersebut terabaikan. Topografi yang berbukit dan air yang mengalir sepanjang tahun terkadang dibiarkan, sementara kondisi mansyarakat sekitar dalam kondisi memprihatinkan. Cihanjuang Inti Teknik berkeinginan potensi tersebut dimanfaatkan secara bijak oleh masyarakat lewat penggunaan teknologi yang ramah lingkungan.
Nama perusahaan : CV.CIHANJUANG INTI TEKNIK  disingkat “CIT” atau “CINTEK” dengan Merk dagang “Hanjuang”. Akta Pendirian : Tahun 1998 adalah permulaan dirintisnya usaha industri mesin produksi, pupuk dan pengecoran logam. Tanggal 3 Agustus 2005 Cihanjuang Inti Teknik memeperoleh izin usaha yang sah dengan bentuk perusahaan, pada tanggal 23 Agustus 2005 dengan Akte Notaris Ny. Gina Riswana Koswara, S.H. Nomor 24, memperoleh izin usaha dengan bentuk badan yaitu Perseroan Comanditer atau “CV. Cihanjuang Inti Teknik”.
Kepemilikan CV. Cihanjuang Inti Teknik adalah Privat Company yang berbentuk CV dan sebagai pemiliknya adalah Bapak Eddy Permadi.
Visi perusahaan adalah “Energi sebagai sumber pemberdayaan ekonomi masyarakat” sedangkan Misi perusahaan adalah Produk Hanjuang sebagai penggerak ekonomi pedesaan”.
Filosofi
·                Cihanjuang mampu memberikan manfaat bagi orang banyak.
·                Teknologi untuk memberdayakan bukan untuk memberdayai masyarakat.
·                Cihanjuang Intik Teknik berupaya agar masyarakat mampu mengelola dan mengembangkannya.
·                Teknologi mikrohidro adalah pilihan kami untuk memberdayakan masyarakat.
Bidang produksi yang ada di CV. Cihanjuang Inti Teknik adalah bidang Mesin berupa manufaktur PLTMH dan Minuman Tradisional Jawa Barat.
2.2         Struktur Organisasi Perusahaan
Struktur organisasi perusahaan yang ada di CV. Cihanjuang Inti Teknik adalah sebagai berikut :



Gambar 2.2. Struktur Organisasi Perusahaan

2.3         Bagan Tata letak Ruangan dan Peralatan Produksi
Tata letak ruang dan peralatan produksi di CV. Cihanjuang Inti Teknik adalah sebagai berikut :




Gambar 2.3. Lay Out Perusahaan CV. Cihanjuang Inti Teknik
2.4         Denah Lokasi Perusahaan
Denah lokasi CV. Cihanjuang Inti Teknik yang berada di Jalan Raya Cihanjuang No.204 Cimahi,  Jawa Barat dapat dilihat pada gambar sebagai berikut :


Gambar 2.4 Denah Lokasi Perusahaan CV. Cihanjuang Inti Teknik

BAB 3 HASIL KEGIATAN MAGANG KERJA INDUSTRI

hasil kegiatan magang berisi tentang jurnal kegiatan harian selama pelaksanaan magang.

BAB 4. PEMBUATAN DAN PERAKITAN GUIDE VANES TURBIN TURBO PROPELLER Ø600 m(300 KW)

pada bab 4 ini berisi tentang topik dari pembahasan yang dilakukan pada saat pelaksanaan magang kerja industri.

Sekian Terimakasih dan semoga bermanfaat sebagai referensi sobat... :-) (y)

Comments

Popular posts from this blog

ELEMEN MESIN (Sambungan Mur Dan Baut)

"SUNSET" PANTAI YANG MASIH ALAMI